Wonosobo School IT

wil$manfaatkan Internet sebagai media belajar yang tidak terbatas.$belajar pintar berawal dari suka.

Saturday, November 26, 2011

Merawat Windows XP

Berikut ini adalah beberapa tips merawat windows XP. Tips yang saya berikan ini biasa saya praktekkan di komputer saya. Langsung saja disimak baik-baik.


1.Melalukan Defragmentasi Hardisk terutama pada system disk (drive C karna saya menginstal windows-nya di drive C). Defragmentasi dilakukan untuk mempercepat pemprosesan file karena sesungguhnya file yang ada didalam hardisk tidak semuanya utuh dalam satu bagian atau dalam kata lain terpecah-pecah menjadi bebarapa bagian. Dengan defragmentasi maka file yang tadinya terpecah pecah akan disatukan kembali sehingga jika file tersebut digunakan maka komputer lebih cepat memprosesnya.

Untuk mendefragmentasi hardisk bisa menggunakan tools dari windows yang bernama Disk Defragmenter. Buka di Start-All ProgramsAccesoriesSystem ToolsDisk Defragmenter. Lakukan defragmentasi minimal sebulan sekali.

2.Merampingkan Registry Editor,hal ini dilakukan untuk membuang key pada registry yang sudah tidak digunakan (biasanya bila kita menguninstal suatu program aplikasi maka registrynya masih tertinggal). Untuk merampingkan registry bisa mengunakan aplikasi tools seperti CCleaner atau TuneUp Utilities.

3.Melakukan Cek pada hardisk jika diperlukan untuk memperbaiki file yang error. Caranya buka Explorer klik kanan pada drive yang akan di-cekPropertiesToolsCheck Now...

4.Mengosongkan Recycle Bin. Hal ini berguna untuk membuang file-file yang belum dihapus secara permanen sehingga masih tersimpan di hardisk.

5.Menghapus file temporary.Dengan menghapus file-file temporary maka media penyimpanan menjadi lebih longgar kapasitasnya. Gunakan Disk Cleanup atau CCleaner

6.Menginstal Antivirus dan selalu mengupdatenya. Jika komputer bebas virus maka system operasi menjadi lebih awet.

7.Men-scan FlashDisk dengan antivirus setelah flashdisk digunakan di komputer lain.

8.Untuk berjaga-jaga,simpanlah file-file penting anda di disk lain selain di systemdisk karena jika suatu saat windows error dan kita harus memformat ulang disk tersebut maka file-file kita tidak hilang.

Cukup sekian Tips dari saya .Ada yang mau menambahkan? Semoga bermanfaat.






Sumber : Imam thok

0 comments:

Post a Comment

thank you^^
contact me : http://soshikimchi.blogspot.com/
or : http://kimchi-net.tk